SSL: Pengertian, Kegunaan, Jenis, dan Cara Kerjanya

ssl

Secure Socket Layer yang lebih sering disebut dengan singkatannya, SSL merupakan sebuah cara yang diaplikasikan di website agar terbangun satu koneksi secara lebih aman. Maksud dari koneksi di sini adalah koneksi yang lebih aman atau terenkripsi antara website atau web server dan browser milik pelanggan. Selain itu juga dapat diterapkan antara mail milik klien dan main server.

Pengertian dan Penjelasan Seputar SSL

Ketika membuka atau berkunjung ke suatu website yang sudah dilengkapi dengan teknologi SSL, maka website tersebut akan memunculkan satu link yang telah dienkripsi antara website dan web server. Bisa disebutkan, bahwa SSL merupakan sebuah standar protokol di dunia komunikasi web secara lebih aman dan bisa dipakai untuk memberi perlindungan terhadap segala kegiatan online.

Melalui SSL, semua informasi yang sifatnya sensitif misalnya username dan password, credit card atau kartu kredit, identitas pribadi dan lainnya dapat ditransmisikan dari pelanggan ke server atau sebaliknya. Sistem transmisi ini akan berjalan secara aman karena semua data yang dikirim selalu diacak atau dienkripsi.

Agar bisa membuat koneksi SSL, web server harus mempunyai sertifikat SSL. Jadi jika ada orang yang ingin melakukan pengaktifan protokol SSL terhadap server web miliknya, pasti akan diminta menjawab beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan identitas orang tersebut. Hal ini punya tujuan khusus yaitu untuk mendapatkan informasi terkait dengan kedua website dan perusahaan.

Manfaat dan Kegunaan SSL

Selain mempunyai manfaat khusus untuk menciptakan sistem keamanan dan menghindari kejahatan digital, SSL masih memiliki beberapa fungsi lain.

1. Menghindari Kesalahan Pengiriman Data

SSL juga dapat difungsikan sebagai alat otentikasi, sehingga bisa dipastikan bahwa data maupun informasi yang dikirim selalu sesuai dengan tujuan pengiriman. Kasus kesalahan pengiriman data yang biasanya diterima hacker atau penjahat digital lainnya bisa dihindari.

2. Meningkatkan Kepercayaan Dan Reputasi

Apabila website telah dilengkapi dengan instalasi SSL, maka setiap browser akan memperlihatkan notifikasi. Dengan adanya notifikasi ini, reputasi website lebih meningkat dan semakin dipercaya oleh pengunjungnya. Mereka tidak akan takut berselancar di website tersebut. Bahkan ketika ingin melakukan transaksi bisnis atau jual beli, juga tidak khawatir karena semua data terlindungi.

3. Menaikkan Ranking Di Mesin Pencarian

Sistem algoritma pada mesin pencarian data Google lebih senang dengan website yang dilengkapi dengan teknologi SSL. Bahkan saat ini telah memunculkan himbauan pada pemakainya agar tidak berkunjung ke website yang belum memiliki SSl. Karena itu, website dengan sertifikat SSL pada umumnya punya ranking tinggi pada mesin pencarian data tersebut.

Jenis-Jenis SSL

SSL terbagi menjadi beberapa jenis. Pembagian ini disesuaikan menurut sistem implementasinya pada website.

1. DV Atau Domain Validation

DV adalah SSL dengan harga paling ekonomis dan mudah dioperasikan, karena sistem validasinya bisa dilakukan melalui email. Atas dasar penggunaan email inilah, setiap webmaster yang tertarik memilih DV harus punya email dengan alamat yang sama persis dengan data domain di WHOIS.

2. OV Atau Organization Validation

OV adalah SSL yang lebih sering digunakan oleh organisasi dan lembaga usaha yang ada di bagian belakang nama domain. Pemakaiannya harus disertai dengan dokumen resmi pendirian organisasi atau badan usaha tersebut, sesuai undang-undang negara.

3. EV Atau Extended Validation

Jenis terakhir yaitu EV merupakan SSL yang punya tingkatan validasi paling tinggi. Penggunaan SSL tipe ini selalu memunculkan prestise istimewa di suatu website. Biasanya SSL ini dilengkapi dengan nama lembaga atau badan usaha yang menggunakannya dan tertera di green bar.

Cara Kerja SSL

Secara prinsip, SSL mempunyai dua macam sistem kerja. Masing-masing dinamakan kriptografi asimetris dan kriptografi simetris.

1. Kriptografi Asimetris

Kriptografi asimetris sering disebut dengan istilah lain, public key cryptography. Teknologi SSL ini memanfaatkan kunci secara berpasangan dalam menjalankan proses enkripsi maupun deskripsi data. Ketika proses asimetris sedang berjalan, terdapat sebuah public key dan public key ini dapat dibaca oleh orang lain. Selain itu ada private key yang hanya dapat dibaca penggunanya saja.

Pada Kriptografi asimetris, data dikirim melalui metode private key sehingga hanya dapat dibaca atau dibuka dengan menggunakan public key. Jadi dalam pemakaiannya, harus ada dua kunci dan keduanya harus saling terkait untuk melindungi data. Model SSL ini sering digunakan pada RSA, ELGama, DSA, PCKS dan Elliptic curve techniques.

2. Kriptografi Simetris

Kebalikan dari kriptografi asimetris, kriptografi simetris justru hanya dilengkapi dengan satu kunci saja yaitu private key. Jadi baik itu pengirim maupun penerima data, keduanya harus sama-sama mengetahui kunci tersebut untuk membukanya. Biasanya sistem ini sering dipakai pada AES-256, AES-192 dan AES-128.

Komunikasi yang terjadi di SSL ini selalu dimulai dengan yang namanya SSL Handshake. Sebagai contohnya ada klien yang mengirim pesan pada website yang telah dilengkapi SSL. Dia meminta pada server agar menjalankan identifikasi untuk dia sendiri. Dari sini server memberikan respon dan mengirim duplikat sertifikat SSL dan public key server.

Selanjutnya klien menjalankan verifikasi sertifikat tersebut pada Cerificate Authority, agar dapat dipastikan jika SSL yang diterimanya benar-benar valid. Setelah ini, dilakukan proses enkripsi dan pengiriman kembali melalui symmetric session key dengan public key server.

Proses berikutnya, server melakukan proses deskripsi symmetric sessionkey memakai public key dan mengirim lagi pada klien melalui session key agar bisa dimulai sesi enkripsi. Lanjut ke proses terakhir, server beserta browser akan sama-sama melakukan enkripsi pada semua data yang sudah dikirim.

Untuk saat ini, SSL telah menjadi kebutuhan yang sangat penting. Sehingga setiap webmaster dan pengelola website harus melengkap website miliknya. Meski demikian, tidak perlu khawatir karena dana yang harus dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan ini tidak terlalu besar. Bagi yang sudah berpengalaman atau ingin menggunakannya, silakan berbagi pengalaman di kolom komentar.