Panduan Paling Banyak Dicari

Pilih Hosting Gratis Atau Berbayar? Simak Dulu Penjelasan Yang Satu Ini

hosting gratis atau berbayar

Bagi para pengguna situs-situs internet, ada beberapa hal penting yang harus dimiliki agar situs yang Anda kelola bisa berjalan dengan baik dan bisa diakses dengan baik pula oleh para pengguna internet. Salah satunya adalah adanya hosting. Hosting ini bisa diibaratkan sebagai tempat dimana pemilik situs menyewa tempat untuk menyimpan data-datanya di dalam server-server yang disediakan agar data-data tersebut nantinya bisa diakses oleh pengguna.

Perbedaan Antara Hosting Berbayar dan Gratis

Meskipun dikatakan menyewa, namun hosting ini juga bisa Anda dapatkan secara gratis. Hosting secara umum memang dikenal dengan tempat menyimpan data yang hanya bisa didapatkan dengan membayar dengan jumlah tertentu yang sudah ditentukan oleh penyedia hosting. Tentu saja hosting yang didapatkan secara gratis ini memiliki perbedaan jika dibandingkan dengan hosting yang didapatkan secara berbayar.

1. Bandwith dan Kapasitas Penyimpanan

Hal pertama yang membedakan antara hosting yang didapatkan secara gratis dan berbayar adalah kapasitas penyimpanan dan bandwith yang disediakan. Jika pada hosting gratis, bandwith dan disk space yang disediakan hanya berbatas. Baik jumlah pengunjung maupun ukuran file yang bisa diunggah ke dalam website dibatasi oleh bandwith dan disk space yang disediakan. Selain itu pada hosting gratis, Anda tidak akan bisa melakukan upgrade. Sedangkan pada hosting berbayar, fasilitas bandwith dan kapasitas penyimpanan bisa Anda dapatkan tanpa batas sesuai dengan paket yang Anda sewa. Hosting berbayar ini juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan upgrade maupun downgrade yang bisa Anda sesuaikan dengan jumlah pengunjung serta kontennya.

2. Paket Hosting

Jika menggunakan hosting berbayar, Anda akan mendapatkan dukungan penuh dari penyedia hosting. Salah satunya Anda akan mendapatkan dukungan teknik selama 24 jam penuh, termasuk juga tutorial dan yang paling penting adalah bantuan teknik jika terjadi masalah pada server yang digunakan. Bantuan ini akan didapatkan oleh pengguna secara cepat. Tentu saja berbeda dengan hosting yang didapatkan secara gratis. Jika pun mendapatkan dukungan teknis, dukungan tersebut hanya bersifat dasar.

3. Fitur yang Disediakan

Baik hosting berbayar maupun gratis sama-sama memberikan fitur maupun tools yang akan mendukung website. Namun bedanya, ketika Anda menggunakan hosting berbayar, maka Anda akan mendapatkan fitur dan tools yang lebih lengkap guna mendukung kinerja website termasuk juga fitur website builder di dalamnya. Sedangkan jika menggunakan hosting gratis, Anda hanya akan mendapatkan fitur-fitur yang bersifat dasar dengan jumlah yang lebih minim.

4. Keamanan

Perbedaan penting lain yang membedakan antara hosting gratis dan berbayar adalah sistem keamanannya. Tentu saja, jika Anda menggunakan hosting yang berbayar, website Anda akan diberikan prioritas keamanan yang lebih baik. Prioritas keamanan yang dimaksud itu termasuk juga proteksi atau perlindungan terhadap privasi pengguna serta data-data yang disimpan di dalmnya. Sedangkan pada hosting gratis, tentu saja proteksi yang disediakan hanya sistem keamanan dasar serta cenderung lebih rentan untuk diretas.

Sebagai sebuah tempat untuk menyimpan data yang nantinya ditampilkan pada situs yang akan diakses oleh pengguna internet. Maka dari itu, pemilik situs website harus memilih dengan cermat hosting yang akan digunakan. Baik menggunakan hosting berbayar maupun hosting gratis sama-sama memberikan layanan, fitur dan sistem keamanan. Namun, keduanya berbeda dalam hal level penyediaannya. Beberapa poin di atas adalah poin-poin yang membedakan antara hosting yang didapatkan secara gratis dan juga hosting yang didapatkan dengan berbayar.