Panduan Paling Banyak Dicari

Inilah 7 Cara Mudah Mempercepat Loading Blog Anda

mempercepat loading blog

Pada umumnya dan berdasarkan fakta bahwasanya kepecapatan akses pada suatu blog mampu meningkatkan pendapatan pemilik blog dengan angka yang sangat signifikan. Bahkan peningkatan hanya sebesar 0,1 detik, mampu membuat pendapatan meningkat sampai dengan 1%. Ketika melambat satu detik saja, situs web terkenal seperti Amazon mengklaim bahwa kerugian yang diperoleh bisa mencapai angka $1,6 Milyar per tahun. Oleh karena itulah kenapa mempercepat loading wqeqebsite sangatlah penting.

Cara Mudah Mempercepat Loading Blog

Seperti yang diketahui bahwa Google sangat gencar dalam memberikan informasi bahwa blog yang cepat sangat mempengaruhi algoritma browser untuk memberikan ranking pada halaman blog. Hal tersebut dikarenakan kebanyakan pengguna internet akan memilih untuk mencari blog yang lebih cepat daripada menunggu blog yang lambat memuat kontennya. Berdasarkan penelitian yang ada, penundaan 1 detik bisa menurunkan angka konversi sampai dengan 7%. Kepuasan pelanggan juga akan berkurang hingga 16% dan pageviews sebesar 11%. Melihat betapa besarnya dampak negatif yang akan diperoleh ketika blog lambat, tidak mengherankan jika banyak pengelola blog yang melakukan berbagai cara untuk mempercepat akses situsnya.

1. Mengetes Kecepatan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetes kecepatan blog Anda. Saat ini, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengetes kecepatan sebuah situs. Tinggal Anda pilih mana yang paling mudah untuk diaplikasikan.

2. Menggunakan teknik Minify

Bagi Anda yang belum tahu, Minify merupakan teknik yang bisa dicoba untuk meningkatkan performa blog. Dengan menggunakan teknik ini, maka penggunaan script seperti Java Script, HTML atau CSS bisa dioptimalkan sebaik mungkin tanpa mengurangi fungsional utamanya. Selain itu, kompres kode CSS, kode html, maupun javascript juga sangat ampuh untuk mempercepat loading web. Karena semakin kecil ukuran file, maka semakin ringan pula blog memuat konten di dalamnya.

3. Mengurangi penggunaan konten dengan plugin

Seperti yang diketahui bahwa ada beberapa konten dalam sebuah blog yang memang membutuhkan plugin, seperti SWF, Ebook dan sebagainya. Untuk meningkatkan kecepatan blog, ada baiknya jika Anda menghindari pemakaian plugin yang berlebihan. Karena hal tersebut bisa mengurangi kecepatan halaman web. Banyak pemilik blog yang menggunakan banyak tema serta plugin untuk menambah fitur anyar pada situsnya agar terlihat menarik dan modern. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata, plugin yang menggantikan fungsionalitas tema dari fitur asli dapat membuatnya menjadi kurang berfungsi. Oleh karena itulah kenapa penggunaan plugin harus sebijaksana mungkin. Selain itu, Anda juga bisa memakai teknik Caching plugin untuk meningkatkan kecepatan blog. Sebab caching memang terkenal sebagai salah satu teknik yang bisa digunakan untuk mengatur kinerja dan performa blog.

4. Mengurangi HTTP Request

Perlu diketahui bahwa dalam sebuah blog, terdapat objek yang diakses melalui file HTML dari server seperti video, CSS, SWF, gambar dan lain sebagainya. Istilah yang digunakan dalam mengakses file adalah HTTP request. Agar loading halaman blog lebih cepat, maka cara terbaik yang bisa dilakukan adalah meringankan kerja server dengan mengurangi penggunaan HTTP request.

5. Mengoptimasi Gambar

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat loading sebuah blog selanjutnya adalah mengoptimasi gambar. Banyak pemilik blog yang tidak menyadari bahwa gambar yang memiliki resolusi tinggi memiliki peranan yang cukup besar dalam menyebabkan gangguan terhadap bandwidth. Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah mengecek setiap ukuran resolusi gambar dalam blog. Setelah mengecek, bukan berarti Anda hanya boleh menggunakan gambar yang tidak jelas atau berukuran kecil. Karena Anda bisa menggunakan teknik optimasi gambar di internet sehingga ukurannya bisa dikompres tanpa harus mengurangi kualitas gambarnya.

6. Mengaktifkan Gzip Compression

Cara lain yang bisa dilakukan adalah mengaktifkan Gzip Compression. Ketika ada pengguna internet yang mengunjungi blog Anda, maka file atau resource dari server akan diminta atau diambil. Resource yang besar membutuhkan waktu yang lama pada saat loading di client end. Tapi jika anda mengaktifkan Gzip compression, maka ukuran resource akan diperkecil secara substansial.

7. Mengecilkan konten komentar yang tergolong panjang

Cara lain yang bisa dicoba untuk mempercepat loading blog adalah dengan menggunakan pagination. Sekedar informasi, pagination adalah teknik yang berfungsi untuk memperpendek atau membagi-bagi konten yang tergolong lebih panjang. Konten yang pendek kemudian ditampilkan pada halaman terpisah satu persatu. Biasanya, pagination dipakai untuk menampung banyaknya komentar yang diberikan pengunjung. Pemilik blog bisa dengan mudah mengaktifkan pagination pada situsnya. Caranya adalah dengan menentukan berapa jumlah maksimum komentar di setiap halaman di bagian pengaturan blog. Hal ini sangat efektif karena komentar yang terlampau banyak pada satu halaman bisa menyebabkan blog melambat.

Selain beberapa cara di atas, hal penting yang harus dilakukan agar blog Anda bisa diakses dengan cepat adalah dengan menggunakan hosting berbayar yang terpercaya. Karena hosting terbaik pastinya akan menjamin kecepatan blog Anda.