CMS (Content Management System)

content management system

Apa itu CMS (Content Management System)?

CMS (Content Management System) adalah perangkat lunak atau platform (open source) yang digunakan untuk membantu pengguna dalam membuat, mengelola, serta memodifikasi konten dalam sebuah website tanpa harus membutuhkan pengetahuan khusus seputar hal teknis.

Website terbentuk dari struktur coding, konten (bisa berbentuk teks, gambar, dll), dan database. Umumnya jikalau tidak menggunakan CMS alias website yang bersifat statis maka diharuskan mengetahui dan paham akan hal teknis, misalnya saja struktur coding yang membentuk halaman website dan database (umumnya menggunakan database MySQL) yang menyimpan segala informasi agar mudah dilakukan proses (tarik data) dengan bantuan PHP.

Dengan keterbatasan hal teknis, kebanyakan orang lebih fokus untuk mengelola kontennya saja tanpa harus membangun sistem website sendiri. Itulah tujuannya adanya CMS yang memudahkan untuk membuat serta mengelola website.

Elemen yang Membentuk CMS

CMS menurut teknisnya terdiri dari dua elemen dasar yang membentuk dan memiliki fungsi yang berbeda, yaitu sebagai berikut:

  • Content Management Application (CMA)
    Ini adalah bagian yang berfungsi untuk menambahkan dan mengelola konten pada website Anda.
  • Content Delivery Application (CDA)
    Merupakan proses dibelakang layar (Back-End) yang berfungsi untuk mengambil, mengelola, memperbarui, dan memuat (menghantarkan) hingga tampil pada halaman browser pengunjung.

Beberapa contoh CMS (Content Management System) yang dapat digunakan untuk membuat serta mengelola website adalah WordPress, Joomla, Drupal, dan lain sebagainya. WordPress merupakan CMS yang terbaik (fitur lengkap) dan paling banyak digunakan saat ini.