Close Icon
Masukkan kata kunci, lalu tekan enter ...

Email Hosting Terbaik Indonesia 2022

Temukan email hosting manakah yang terbaik di Indonesia! Email hosting menjadi sangat popular untuk membangun bisnis yang lebih besar, salah satu keuntungannya adalah dapat meningkatkan reputasi dan kredibilitas.
Posted by Marco Hamady
Posted on

Short Summary!

Disini kami memberikan 2 rekomendasi email hosting berdasarkan kebutuhan email yang berbeda. Pilihan pertama, bila Anda mencari email hosting untuk kebutuhan bisnis maka Ardetamedia adalah pilihan yang tepat. Ardetamedia menawarkan email hosting dengan performa yang baik dan mampu mengirim hingga 1.500 email per-jam (sangat cocok digunakan untuk email marketing).

email hosting terbaik

Pilihan kedua, khusus untuk kebutuhan email personal (atau bisnis skala kecil) maka sangat kami sarankan untuk memilih Hostinger. Harga murah yang ditawarkan oleh Hostinger bisa membantu Anda untuk membuat dan mengelola email secara custom. Sejauh ini, kami juga masih menggunakan email hosting dari Hostinger untuk memenuhi kebutuhan email, baik secara pribadi maupun untuk kebutuhan website.

Manakah Email Hosting Terbaik di Indonesia?
Disini kami memberikan rekomendasi email hosting hanya berdasarkan pengalaman dan penggunaan pribadi, setidaknya pernah menggunakan email hostingnya secara langsung minimal selama 1 bulan pemakaian.

Apa Itu Email Hosting?

Email hosting adalah suatu layanan hosting yang khusus diperuntukkan untuk kebutuhan email (membuat dan mengelola email secara mandiri). Layanan ini umumnya dibutuhkan untuk dapat membuat alamat email sesuai dengan nama domain yang dimiliki, misalnya saja [email protected] (akan terlihat lebih professional)

Salah satu keuntungan ketika menggunakan email hosting adalah dapat meningkatkan reputasi dan kredibilitas, baik itu secara personal ataupun badan usaha.

Apa Saja Kriteria Email Hosting Terbaik di Indonesia?

Selain mampu mengirim email dalam jumlah besar, email hosting yang digunakan haruslah memiliki tingkat keandalan yang baik untuk memastikan setiap aktivitas email dapat berjalan dengan lancar, memastikan batasan email yang dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan, dan memiliki tingkat keamanan yang baik.

Kriteria lainnya yang tidak kalah penting adalah support yang diberikan. Pasalnya, dalam mengelola email hosting tidaklah sama dengan mengelola layanan email gratisan, misalnya: Gmail atau Yahoo Mail. Bila Anda berencana menggunakan email hosting untuk pertama kalinya, maka kami sarankan untuk memilih Ardetamedia (untuk skala bisnis) atau Hostinger (untuk email personal), keduanya memiliki dukungan pelanggan (support) yang baik.

Mampukah Email Hosting Menumbuhkan Bisnis Anda?

Merupakan salah satu pertanyaan mendasar yang paling sering diajukan sebelum para pengguna benar-benar yakin ingin menggunakan email hosting sebagai sarana untuk menunjang suatu pekerjaan ataupun bisnis.

Bila Anda adalah seorang professional ataupun memiliki suatu bisnis, serta menggunakan email sebagai salah satu alat (atau media) untuk berkomunikasi, maka dengan menggunakan email hosting mampu meningkatkan reputasi (branding), kredibilitas (tingkat kepercayaan), dan mampu menjangkau pelanggan lebih banyak lagi dengan cara promosi melalui email (atau biasa disebut dengan email marketing).

Apa Perbedaan Web Hosting dan Email Hosting?

Singkat kata, web hosting dapat mencangkup segala aspek yang dapat diakses secara online dan umumnya digunakan untuk meng-host suatu situs (blog ataupun website). Meskipun web hosting masih bisa digunakan untuk membuat email custom, namun secara kapasitas sangatlah terbatas dan juga tidak bagus (atau dapat mengurangi performa) suatu website bila kebutuhan email terbilang cukup padat.

Sedangkan email hosting memang dirancang khusus hanya untuk kebutuhan email (terpisah dari hosting untuk website), dari segi kapasitas (jumlah akun yang dapat dibuat, seberapa banyak email dapat dikirim, besaran lampiran "attachment", dan lain sebagainya yang berhubungan dengan email) terbilang sangat besar.

Kesimpulannya adalah gunakanlah hosting sesuai dengan jenis dan fungsinya, dengan begitu hosting yang digunakan dapat berjalan dengan lancar dan memberikan performa yang lebih maksimal. Adapun rekomendasi hosting untuk website yang telah kami buat, Anda bisa melihatnya pada halaman ini: web hosting terbaik di Indonesia.

Bagaimana Cara Memilih Email Hosting Terbaik?

Belakangan ini email hosting menjadi sangat popular untuk membangun bisnis yang lebih besar. Email hosting merupakan salah satu alat (atau media) untuk berkomunikasi dengan pelanggan ataupun dengan pihak lainnya yang memiliki kepentingan.

Kebanyakan pengguna lebih memilih menggunakan email hosting berdasarkan 2 kebutuhan, yaitu jumlah akun email yang dapat dibuat dan seberapa banyak email yang dapat dikirim dalam suatu waktu. Terlepas dari itu, disini kami juga akan membagikan beberapa tips (atau cara) yang kami gunakan untuk menemukan email hosting yang terbaik.

1. Tingkat Keamanan Email Hosting

Tingkat dan jenis keamanan yang ditawarkan oleh penyedia layanan email hosting merupakan hal yang sangat penting. Segala aktivitas yang berhubungan dengan email akan dipercayakan pada web host tersebut, misalnya saja data klien atau pelanggan tidak boleh bocor dan tidak dapat dilihat oleh pihak lain yang tidak memiliki wewenang.

2. Pentingnya Support (Dukungan Pelanggan)

Membahas mengenai poin ini, sebenarnya berlaku untuk semua jenis usaha yang menawarkan barang ataupun jasa (tidak hanya penyedia hosting saja). Pentingnya memilih provider hosting yang memiliki support yang baik dan cepat dalam merespon ataupun menangani issue (permasalahan) yang muncul seputar email hosting.

3. Fitur yang Lebih Baik

Disamping dapat membuat email secara custom, dengan menggunakan email hosting pastinya akan mendapatkan fitur yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan email gratisan. Anda dapat memilih paket email hosting (yang berhubungan dengan fitur dan layanan yang diberikan) sesuai dengan kebutuhan Anda. Poin ini juga berkaitan dengan besar atau kecilnya biaya yang dikeluarkan.

4. Kapasitas Penyimpanan (Email Storage)

Jikalau dibandingkan dengan email gratisan, pastinya akan jauh lebih besar kapasitas penyimpanan yang didapat ketika menggunakan email hosting. Email merupakan jenis file data yang memiliki ukuran yang kecil, hal inilah yang menyebabkan kebanyakan pengguna tidak terlalu melihat seberapa besar kapasitas penyimpanan yang diberikan.

Akan tetapi, pandangan tersebut akan berbeda ketika aktivitas email lebih dominan untuk memuat lampiran berupa dokumen ataupun gambar. Jadi, bisa menyesuaikan kembali dengan kebutuhan Anda.

5. Performa Email Hosting

Poin ini juga tidak kalah penting, umumnya kita dapat mengirim ataupun menerima email dalam hitungan detik. Hanya saja hitungan tersebut kembali lagi pada performa server hosting yang dihasilkan. Apabila penyedia hosting memiliki server yang baik dan selalu dilakukan perawatan, maka besar kemungkinan hasil yang didapatkan juga baik.

6. Terhindar dari Email Sampah (Spam)

Rasanya hampir mustahil kalau sepenuhnya terhindar dari email sampah (atau biasa disebut dengan spam atau junk). Setidaknya dengan menggunakan email hosting, telah tersedia fitur "filter email" yang fungsinya menyaring email sebelum masuk ke kotak pesan (inbox) dan juga telah tersedia fitur untuk memblockir alamat email yang dianggap spam.

7. Biaya yang Dikeluarkan

Siapapun tentu ingin mendapatkan email hosting dengan layanan dan fitur yang lengkap. Namun untuk menghemat biaya yang dikeluarkan maka sangat disarankan untuk memilih email hosting yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tidak perlu membayar lebih untuk beberapa layanan atau fitur yang sekiranya tidak dibutuhkan untuk saat ini.

Mengapa Anda Harus Menggunakan Email Hosting?

Mungkin banyak orang yang bertanya, mengapa harus membayar email hosting sedangkan sudah banyak penyedia email gratis? Jawabannya sederhana karena alamat email dengan menggunakan nama domain sendiri akan memberikan kesan profesional dan juga meningkatkan kredibilitas pada bisnis ataupun secara pribadi Anda.

Email hosting merupakan salah satu jenis hosting yang memungkinkan pengguna untuk dapat membuat dan mengelola email secara mandiri (dan terpisah dari website hosting) dengan menggunakan nama domain yang dimiliki.

Penggunaan email hosting akan bekerja sesuai dengan nama domain yang dimiliki (bukan website yang dimiliki). Khusus untuk Anda yang belum memiliki website namun sedang membutuhkan email custom, cukup dengan menyewa domain (sesuai dengan nama anda) dan email hosting. Nantinya Anda akan memiliki email personal dengan alamat sesuai dengan nama asli, misalnya saja [email protected].