Cara Beli Domain dan Hosting Yang Benar dan Tepat

beli domain dan beli hosting
Web Hosting Terbaik Indonesia - Dewasa ini penggunaan internet kian massif. Semakin hari semakin meningkat penggunaan internet oleh masyarakat. Internet seakan menjadi salah satu kebutuhan masyarakat entah itu sebagai media informasi, promosi, hiburan, interaksi, dan lain sebagainya.

Hadirnya internet tentu akan sangat memudahkan dalam menyampaikan informasi pada orang lain. Individu maupun perusahaan yang bergerak di bidang bisnis, penyedia jasa, informasi, dan sebagainya, dapat memanfaatkan internet dengan membuat situs/website dari penyedia domain/hosting.

Biasanya penyedia domain/hosting akan menawarkan domain (nama atau alamat website) dan hosting (tempat menyimpan website/blog sehingga bisa diakses pengguna internet) pada individu/perusahaan yang ingin memiliki situs atau website sendiri.

Selain tersedia domain dan hosting yang bisa diperoleh secara gratis (free domain), terdapat pula domain dan hosting yang harus dibeli atau berbayar (TLD/Top Level Domain). Website yang menggunakan domain dan hosting berbayar biasanya memiliki tampilan dan cara kerja yang lebih menarik ketimbang domain dan hosting gratis.

Tips Membeli Domain
Nah, bagi Anda yang ingin menggunakan website dengan tampilan yang menarik dan nama/alamat yang mudah diakses maka menggunakan domain dan hosting berbayar tentu lebih menarik. Berikut beberapa tips dan cara beli domain yang bisa Anda terapkan.
  • Belilah domain dari penyedia domain/hosting yang terpercaya dan memiliki server terbaik.
  • Belilah domain dengan memilih nama/alamat yang sesuai konsep, tema atau karakteristik website/blog Anda. Misalnya website Anda berisi tentang traveling, nama/alamat domainnya adalah Ayotraveling.com.
  • Gunakanlah nama/alamat domain yang menarik, mudah diingat, dan tidak terlalu rumit. Biasanya pengguna internet akan mudah mengakses website jika nama/alamat domain simple. Contoh nama/alamat domain yang menarik dan mudah diingat adalah Ayotraveling.com.
  • Pastikan bahwa nama/alamat domain Anda tidak sama dengan nama/alamat website orang /perusahaan. Hal tersebut bisa merugikan Anda karena mungkin saja website Anda jarang dikunjungi dan justru website orang/perusahaan lain yang lebih banyak pengunjungnya. Nama/alamat domain yang mirip tidak mengapa yang penting menarik dan tak sama dengan website lain.
  • Ketika membeli domain, pastikan nama/alamat domain Anda berhubungan erat dengan SEO Friendly. Dengan cara tersebut nama/alamat website Anda akan terdeteksi dan terbaca oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan lainnya.
  • Ketika membeli domain Anda bisa memilih extentsion com., net., biz., dan lain sebagainya. Kebanyakan extension yang sering digunakan banyak orang adalah com.
Itulah berbagai tips yang perlu Anda cermati ketika ingin melakukan pembelian domain. Nah, ulasan berikutnya berkaitan dengan tips dan cara beli hosting. Membeli hosting tentunya lebih kompleks daripada cara beli domain, sehingga Anda harus cermat dan teliti.

Tips Membeli Hosting
Adapun tips buat Anda sebelum membeli hosting, berikut adalah beberapa tips dan cara membeli hosting terbaik indonesia:
  • Beli dan pilihlah hosting yang memiliki server hosting terbaik dan aman. Meski saat ini banyak penyedia domain/hosting yang menawarkan harga murah Anda perlu mencermatinya apakah server hosting yang dijual berkualitas atau tidak. Jika memang murah dan berkualitas maka Anda bisa membelinya.
  • Belilah hosting yang memang mendukung (suport) terhadap website Anda, sesuai keperluan dan target pengunjung website. Anda bisa memilih perusahaan hosting yang terpercaya, berkualitas dan profesional.
  • Sebelum membeli hosting Anda bisa mengecek kecepatan aksesnya melalui situs cek kecepatan hosting. Tujuannya adalah agar website Anda mudah diakses dan tidak bermasalah (error).
  • Ketika akan membeli hosting pastikan website Anda dilengkapi dengan fasilitas dan fitur software PHP, MySQL, Perl, Subdomain, SMTP, dan lain sebagainya. Fasilitas dan fitur tersebut berguna untuk memudahkan menjalankan aplikasi website Anda.
  • Lengkapi pembelian hosting Anda dengan sistem back up yang baik. Back up dimaksud bisa berupa harian maupun mingguan. Tujuannya adalah agar data Anda aman meski website Anda mengalami masalah atau gangguan. Anda bisa menanyakan hal ini pada provider jasa domain/hosting.
  • Saat membeli pastikan Anda memilih bandwidth dan space yang sesuai dan cocok untuk kebutuhan website Anda.
  • Pastikan ketika membeli Anda sebagai pelanggan punya akses untuk melakukan pengaturan domain (control panel domain). Hal ini penting agar ketika ingin berpindah kepemilikan domain, berpindah hosting, mengatur name server, dan lainnya, akan sulit dilakukan.
Setelah Anda membeli domain dan hosting, Anda bisa memeriksa email (akun domain, akun hosting, dan akun area klien), login ke area klien, masuk ke control panel hosting, dan jalankan website (online). Begitulah proses setelah Anda melakukan proses beli domain dan beli hosting.



* * *
Hello Guys
Sedang mencari hosting? Check di >> Hosting Terbaik Indonesia
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...