Pengertian dan Kegunaan Domain

domain
Web Hosting Terbaik Indonesia - Bagi Anda yang berkecimpung dalam dunia online, tentu harus mengetahui apa itu domain, dan apa fungsi domain. Karena domain ini memegang peranan penting untuk para pengguna internet.

PENGERTIAN DOMAIN
Pengertian domain sendiri adalah sebuah nama yang akan digunakan oleh para pengguna internet untuk mengakses informasi tertentu pada sebuah server komputer dengan menggunakan jaringan internet.

Ketika Anda akan mengakses sebuah informasi di internet maka Anda akan diminta untuk mengakses alamat IP atau IP Address, alamat ini berupa sederetan angka yang cukup panjang. Karena tidak semua orang dapat mengingat angka dengan baik, maka itu dibuatlah sebuah domain untuk mempermudah para pengguna internet untuk mengakses informasi yang diinginkan. Sebagai contoh adalah www.google.com, adalah mana sebuah domain, sedangkan IP Address adalah 66.97.145.109. Jadi ketika Anda hendak mengakses sebuah informasi maka Anda tidak perlu berkutit dengan IP address, karena hanya dengan mengetikkan nama domain, maka informasi yang diinginkan akan muncul.

Domain sendiri terbagi menjadi 2 bagian atau lebih. Maksudnya adalah pada bagian kiri kata sebelum titik disebut dengan label, sedangkan sebelah kanan setelah titik disebut dengan TLD atau Top Level Domain. Sebagai contoh google.com, maka kata “google” adalah sebuah label, sedangkan kata “com” adalah sebuah TLD.

Ada juga yang disebut sebagai sub domain, sebagai contoh adalah mail.google.com, maka kata “mail” disebut dengan sub domain. Sebuah domain bisa mempunyai lebih dari 1 IP address dengan cara menambahkan sub domain.

KEGUNAAN DOMAIN
Kegunaan domain adalah untuk mempermudah pengguna masuk ke dalam sebuah alamat di internet untuk mendapatkan informasi tertentu. Seperti Anda ketahui bahwa domain terdiri dari 3 macam, yaitu:

1. Label
Label berfungsi sebagai sebuah nama untuk mempermudah pengguna mengakses informasi yang diinginkan, sebagai contoh adalah www.google.com, dimana kata “google” bertindak sebagai sebuah label, untuk mempermudah setiap pengguna mengakses informasi dari tempat tersebut.

2. TLD
Adalah sebuah akhiran dari sebuah domain, atau tempat domain tersebut berada. Saat ini TLD ini terbagi menjadi beberapa bagian, seperti:

A. Top LTD ini juga terbagi menjadi 2 kelompok, yaitu country code top level domain yaitu sebuah kode negara seperti .id, .us, .ca, .ru, dll. Ada juga yang disebut sebagai generic top level domains seperti .com, .mil, .net, dll.

B. Second level domain ini adalah kata lain dari label pada level domain

C. Lower level domain ini posisinya berada di sebelah kiri label, namun hal ini sangat jarang terjadi.

TLD sendiri mempunyai fungsinya masing-masing, seperti:
  • .com digunakan untuk kepentingan komersial, karena memang kata com ini diambil darikata “comercial”.
  • .net biasanya digunakan untuk kepentingan jaringan.
  • .gov biasanya digunakan untuk kepentingan pemerintahan.
  • .edu biasanya digunakan untuk kepentingan pendidikan.
  • .org bisanya digunakan untuk kepentingan organisasi.

3. Sub domain
Sub domain adalah nama selain nama untuk label. Hal-hal seperti ini akan Anda dapatkan ketika membuat sebuah blog, dimana ketika Anda membuat sebuah bloh maka yang akan tampil adalah nama yang Anda buat.nama blog.tempat blog tersebut dibuat, sebagai contoh adalah, namasubdomain.blogspot.com.

Jika diteliti lebih lanjut domain adalah sebuah nama untuk dapat mempermudah pengguna atau siapa saja yang ingin mengakses infomasi yang ada pada web tersebut. untuk nama domain tersebut tidak ada aturan yang pasti, Anda dapat menggunakan huruf besar atau Anda dapat menggunakan huruf kecil. Namun yang jelas adalah sebuah domain yang unik tentunya akan membuat orang ingat dengan mudah dan tertarik untuk mengunjungi tempat tersebut.



* * *
Hello Guys
Sedang mencari hosting? Check di >> Hosting Terbaik Indonesia
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...