Cara Menghemat Bandwidth Hosting / Website

hemat bandwidth
Web Hosting Terbaik Indonesia - Bandwidth merupakan kapasitas saat melakukan transfer data dari hosting atau website (simak lebih lanjut mengenai: pengertian bandwidth). Dapat pula diartikan sebagai kecepatan melakukan loading data atau download dengan kapasitas tertentu. Dilakukan oleh pengguna internet dari hosting atau website Anda. Bagi Anda yang berkecimpung dalam dunia teknologi dan informasi khusunya dalam bidang internet, maka akan paham mengenai bandwidth. Kedudukan bandwidth dalam hosting atau website akan semakin berkurang kapasitasnya sesuai dengan akses yang sedang dilakukan. Namun ternyata bandwidth sendiri memiliki kapasitas yang terbatas. Sehingga perlu menghemat bandwidth hosting. Bagi Anda yang meskipun sudah lama terpaku dalam bidang internet dan baru pertama kali mendengar istilah bandwidth, maka tidak perlu khawatir. Penjelasan mengenai bandwidth akan diulas untuk lebih memahamkan Anda. Termasuk bagaimana cara mengemat bandwith website maupun hosting yang Anda miliki.

Fungsi Bandwitdh Dalam Hosting Atau Website
Bandwidth memiliki fungsi sebagai pengukur kapasitas yang dimiliki oleh hosting atau website Anda. Namun bukan Anda yang menyebabkan bandwidth menjadi kekurangan kapasitas. Kapasitas bandwidth dipengaruhi oleh pengguna internet yang mengunjungi hosting atau website Anda. Ketika pengguna internet sekadar masuk ke hosting atau website Anda, maka kapasitas akan berkurang. Begitu pula ketika pengguna internet hendak mendownload file atau data sejenis dari hosting atau website Anda. Maka kapasitas bandwidth Anda pun akan semakin berkurang. Itulah yang menyebabkan Anda ketika mengunjungi ke hosting atau website tertentu tidak dapat berbuat apa-apa. Saat Anda hendak melihat tampilan atau download dari hosting atau website tersebut. Jelas dikarenakan hosting atau website sudah mengalami kekurangan kapasitas dan muncul peringatan Banwidth Limit Excceded. Namun tidak perlu khawatir karena bandwidth dapat memiliki kapasitas yang full seperti sedia kali pada setiap pergantian bulan. Jadi, Anda tidak perlu harus pusing bagaimana menambah kapasitas bandwidth.

Hal Yang Membuat Bandwidth Banyak Terpakai
Bandwidth akan terkuras kapasitas dari hosting atau website Anda dari tiga hal berikut ini. Hal pertama adalah ketika pengguna internet berkunjung ke hosting atau website Anda. Secara otomatis bandwidth akan membaca kegiatan tersebut dan berkurang sesuai dengan kegiatan yang dilakukan oleh pengguna internet di hosting atau website Anda. Jika pengguna internet hanya sebatas membaca tampilan data teks, foto, atau gambar, maka tidak terlalu menguras kapasitas bandwidth. Namun jika pengguna internet lebih memilih untuk download atau upload video, maka kapasitas bandwidth akan terkuras banyak. Hal kedua adalah ketika pengguna internet di hosting atau website Anda ingin mengupload video, maka kapasitas bandwidth sudah jelas akan terkuras. Begitu juga seperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa kapasitas bandwidth akan banyak terkuras saat download video sekalipun. Hal ketiga adalah ketika Anda melakukan outlook. Untuk itu penting untuk mengetahui cara menghemat bandwidth hosting atau website Anda. Apalagi jika isi dari hosting atau website Anda banyak dikunjungi oleh pengguna internet.

Cara Jitu Lebih Menghemat Pemakaian Bandwidth
Ketika Anda hendak menyuguhkan data yang mudah untuk diupload pengguna internet secara gratis, maka lebih baik pakailah hosting atau website yang tidak berbayar. Bagaimana caranya, sebaai contoh Anda memanfaatkan hosting atau website yang berbayar dengan tujuan agar pengguna internet yang ingin mendownload gambar dari hosting atau website Anda tidak membuat banyak kapasitas bandwidth berkurang. Jadi, Anda hanya menampilkan link untuk mengarahkan pengguna internet yang ingin mendownload gambar milik Anda menuju ke hosting atau website Anda. Atau dapat pula cara menghemat bandwidth website dengan menampilkan background berupa warna #ffffff. Kode warna tersebut menyebutkan Anda agar memilih warna putih untuk background hosting atau website. Kemudian Anda juga dapat memanfaatkan sebuah aplikasi yaitu, PHP5. Aplikasi yang memiliki file Javascript yang dipadukan untuk secara otomatis tidak menampilkan testimony ataupun spasi yang dianggap mengganggu dan kurang berguna.

Kini Anda tahu cara menghemat bandwidth hosting atau website. Sehingga Anda tetap akan memiliki banyak pengunjung tanpa perlu khawatir pengguna internet yang biasa mengunjungi hosting atau website Anda tidak dapat mengaksesnya. Semoga cara menghemat bandwidth website maupun hosting dapat membantu. Sehingga hosting atau website dapat dapat berfungsi dengan optimal sepanjang waktu.



* * *
Hello Guys
Sedang mencari hosting? Check di >> Hosting Terbaik Indonesia
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...