Tips Memilih Web Hosting Terbaik

Web Hosting Terbaik
Web Hosting Terbaik Indonesia - Memilih web hosting kini tidak semudah memilih web hosting di masa lalu, terutama sebelum tahun 2000-an dimana belum banyak penyedia jasa web hosting seperti sekarang ini, oleh karenanya Kita harus lebih teliti kembali untuk memeriksa latar belakang perusahaan penyedia web hosting sebelum memutuskan untuk membeli hosting disana.

Ibarat sebuah situs internet yang pernah Anda ketahui tidak akan ada yang sama, entah itu berupa isi artikel, jumlah pengunjung, dan banyak aspek lainnya. Sama halnya dengan penyedia jasa web hosting di Indonesia, web hosting yang baik dan cocok untuk seseorang belum tentu baik dan cocok untuk Anda, misalnya dari segi lokasi, harga, dan kapasitas dari penyedia jasa web hosting. Tapi jangan bingung dengan hal tersebut, karena disini akan diberikan ulasan mengenai tips untuk memilih web hosting terbaik untuk Anda:

1. Memeriksa Usia Perusahaan Web Hosting.
Kita tentunya tidak mau jika hari ini Kita membeli jasa penyedia hosting namun bulan depan perusahaannya sudah gulung tikar atau tutup, maka Kita harus cermat dalam melihat usia atau berapa lama pengalaman perusahaan tersebut bergulat pada bisnis jasa penyedia hosting. Caranya? Anda bisa melihat dari situs "who.is" yang akan menggambarkan sejalan jelas mengenai history perusahaan tersebut (melalui URL).

2. Lokasi Perusahaan.
Mengingat banyaknya penyedia jasa web hosting di Indonesia yang rata-rata tidak berbadan usaha yang jelas dan tidak memiliki lokasi fisik yang jelas (rata-rata biasanya reseller hosting secara individu atau group).

Mengapa demikian? Karena hal ini bisa menjadi suatu masalah yang besar.
Koq bisa? Misalnya saja database website dan segala informasi yang Anda simpan pada hosting tersebut tiba-tiba hilang karena penyedia hosting tidak dapat dihubungi untuk diminta datanya ataupun Anda tidak bisa melakukan akses masuk kedalam Control Panel pada hosting tersebut karena username dan password ada pada pihak hosting tersebut, maka apa yang terjadi? Anda telah kehilangan seluruh database/informasi yang ada pada hosting Anda yang harganya jauh lebih mahal daripada harga untuk menyewa hosting tersebut.

3. Hak Atas Kepemilikan Domain Dan Hosting Yang Anda Beli/Sewa.
Pastikan Anda mempunyai hak akses penuh atas domain dan hosting Anda. Saat ini masih banyak perusahaan yang tidak memberikan hak akses penuh atas domain dan hosting, sehingga menyulitkan bagi Anda untuk melakukan setting ataupun pemindahan domain dan hosting ke perusahaan lain dan hal ini jangan sampai terjadi karena domain dan hosting Anda seperti terpenjara.

4. Harga Vs Kualitas.
Kesesuaian harga dengan kualitas yang Anda dapat ini tidak kalah pentingnya, sering kali pihak penyedia jasa web hosting yang baru terjun pada bisnis ini hanya memperhitungkan resource space dan traffic limit (terbatas) dan batasan-batasan lainnya. Oleh karena itu jika harga yang ditawarkan sangat murah maka Anda harus lebih cermat untuk melihat spesifikasi yang ditawarkan (bukan berarti murah itu murahan tetapi meski harga murah maka harus adanya informasi jelas mengapa hal itu bisa murah, bisa saja lagi promo kan).

5. Jangan tergiur dengan istilah "Unlimited".
Yang ditawarkan semuanya serba unlimited? Kecil kemungkinan hal tersebut terjadi, karena semua pasti ada batasan-batasannya serta melihat biaya yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut seberapa besar, jadi harus lebih cermat kembali melihat kesesuaian antara harga dengan kualitas/informasi yang diberikan oleh perusahaan penyedia jasa web hosting.

** Sedang mencari hosting yang benar-benar Unlimited namun tidak tipu-tipu? Click here.

6. Layanan Pelanggan & Dukungan Teknis
Pastikan dukungan teknis dari penyedia hosting anda 1×24 jam bahkan yang live support sekaligus, hal ini untuk membantu anda satu saat mengalami masalah terhadap website anda yang barang tentu berkaitan dengan tempat anda meletakan data anda di webhosting tadi, agar tidak terjadi hal2 yang diluar keinginan anda.

7. Alokasi Bandwitdh
Setiap akses ke website Anda, maka traffic anda pun akan naik hal ini akan mempengaruhi bandwith yang di berikan sekaligus apabila kapasitas bandwith yang di sediakan habis maka anda akan dikenakan biaya tambahan namun sejauh ini hal ini masih belum terlalu penting pengaruhnya, namun jika suatu saat traffic anda sangat tinggi perlu memperhatikan kapasitas yang diberikan oleh penyedia web hosting.

8. Lokasi Datacenter
Banyak user yang bingung dalam memilih lokasi server saat dihadapkan pada pilihan IIX, USA, & Singapura, ibarat memilih partai politik, salah memilih kecewa sesudahnya (hahaha). Mudahnya tinggal Anda sesuaikan dengan kapasitas dan target user Anda, jikalau memang targetnya orang Indonesia maka Anda bisa memilih server IIX (Indonesia) atau Singapura (dekat dengan Indonesia).

9. Lebih Cermat Membaca Testimonial
Yang namanya testimonial biasanya isinya sudah pasti yang baik-baik aja, anak baru lahir 10 tahun kemarin juga pandai dalam mengarang testimonial, jika Anda ingin tahu bagus atau tidaknya perusahaan penyedia jasa web hosting tersebut, maka cobalah Anda mencari tahu siapa saja kliennya, kalau situsnya professional biasanya terdapat daftar klien dan kalau anda melihat daftar kliennya banyak diantaranya adalah perusahaan besar maka besar kemungkinan perusahaan penyedia jasa web hosting tersebut layak untuk Anda pilih.

10. Software Billing System
Nah, Ini aspek tidak kalah penting yang jarang diperhatikan. Tahukah anda bahwa anda memiliki kemampuan untuk menutup /membuat bangkrut sebuah perusahaan hosting yang menggunakan software bajakan/tanpa lisensi. ada banyak jenis billing software untuk mengelola billing seperti clientexec, whmcs dll. salah satunya yang sering digunakan karena kemudahannya adalah whmcs (kalau yang ini sih dari pihak perusahaannya ya).


****
Dari semua kriteria diatas, menurut saya Ardetamedia (#1 The Best Hosting) paling tepat menjadi pilihan Anda.



* * *
Hello Guys
Sedang mencari hosting? Check di >> Hosting Terbaik Indonesia
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...