Pengertian Bandwidth: Apa itu Bandwidth?

bandwidth
Web Hosting Terbaik Indonesia - Bandwidth dapat diartikan dengan ukuran dari transfer data yang telah dilakukan oleh website anda. Bandwidth dipengaruhi dan ditentukan oleh jumlah pengunjung, banyaknya halaman yang dikujungi dan juga besarnya file yang diakses.

Semakin sering situs kita diakses maka semakin berkurang bandwidth-nya, dan jika habis maka situs kita akan menampilkan halaman "Bandwidth Limit Execceded" dan tidak bisa diakses lagi. Bandwidth hosting ini akan ter-reset menjadi penuh kembali setiap awal bulan. Tetapi jika Anda tidak sabar menunggu sampai akhir bulan Anda bisa melakukan upgrade paket hostingnya atau hanya menambah Bandwidthnya saja.

Anda sedang membaca artikel "Pengertian Bandwidth: Apa itu Bandwidth?"

Perbedaan antara Bandwidth dan Data Transfer
Sangat mudah menemukan 2 istilah ini, Bandwidth dan Data Transfer, yang biasa digunakan dalam internet, khususnya pada paket – paket web hosting. Secara teknis, ada perbedaan mendasar pada dua istilah ini. Bandwidth adalah menunjukkan volume data yang dapat di transfer per unit waktu. Sedangkan Data Transfer adalah ukuran lalu lintas data dari website Anda. Lebih mudah kalau dikatakan bahwa bandwidth adalah rate dari data transfer.

Apabila bandwidth yang disediakan besar, maka website akan ter-load lebih cepat karena server mampu mentransfer data yang lebih besar tiap detiknya. Hal ini tidak membuat data transfer menjadi besar, karena jumlah dari data transfer tergantung pada jumlah pengunjung website dan ukuran file website Anda (termasuk gambar, audia, video dll). Makin besar angka pengunjung, makin besar jumlah data yang ditransfer dari website Anda maka makin besar pula data transfernya.

Yang mempengaruhi pemakaian bandwidth:

1. Tampilan Website
Ketika website anda di akses, maka bandwidth account anda akan berkurang sebesar halaman yang di load(dalam ukuran Byte). Website dengan banyak gambar dan video tentu akan lebih cepat menghabiskan bandwidth dibanding website yang menampilkan teks dan gambar.

2. Upload dan Download
Upload maupun Download file akan mengurangi bandwidth account Anda. Gunakan account anda dengan semaksimal mungkin, jika tidak diperlukan lebih baik mengurangi aktivitas upload/download.

3. POP3 dan SMTP
Penggunaan Email Client seperti outlook juga akan memakai bandwidth, baik itu mengirim email ataupun menerima. Attach file juga akan mengurangi lebih banyak bandwidth pada account Anda.

Contoh:
Misalnya kita anda memiliki halaman web sebesar 50KB, maka setiap pengunjung halaman web yang membuka halaman tersebut akan mengunduh informasi atau data sebesar 50 KB ke komputer mereka. Jika ada 100 pengunjung ke halaman tersebut maka telah terjadi transfer data sebesar 5000 KB dari server dimana file kita berada ke komputer pengunjung. Jadi, Bandwidth adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan besaran data yang telah ditransfer keluar dari kuota space hosting anda.

******************
Sedang mencari Hosting dengan Bandwidth Unlimited? Klik Disini
(Rekomendasi Hosting Terbaik di Indonesia dengan Bandwidth Unlimited, Fastest, dan Terpercaya)
******************

Kesimpulan:
Besaran bandwidth yang kita butuhkan tergantung pada besar file pada website yang kita miliki dan popularitas dari website. Semakin besar file yang kita miliki maka semakin besar banwidth yang dibutuhkan. Apabila website tersebut populer maka pengunjung website tersebut akan banyak, maka semakin besar banwidth hosting yang kita perlukan.

Jadi, sekarang sudah pada paham kan mengenai pengertian bandwidth, semoga bermanfaat.

* Lalu bagaimana cara menghemat bandwidth hosting?
Lihat selengkapnya di Cara Menghemat Bandwidth Hosting

** Artikel ini sering sekali menyebutkan kata Hosting atau Web Hosting, lalu Hosting itu apa sih?
Lihat juga: Pengertian Web Hosting



* * *
Hello Guys
Sedang mencari hosting? Check di >> Hosting Terbaik Indonesia
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...