Cara Backup Hosting cPanel

backup hosting
Web Hosting Terbaik Indonesia - Keamanan adalah sesuatu yang sifatnya tidak pasti, entah itu di dunia nyata atau di dunia maya seperti halnya sistem keamanan untuk sebuah website atau hosting (Lihat juga: Pengertian Hosting). Karena ancaman bisa datang kapan saja, ada begitu banyak orang yang berusaha mengincar data data yang sifatnya rahasia pada sebuah website. Sebab itulah kasus hacking semakin sering terdengar.

Backup hosting adalah cara yang tepat untuk meminimalisasi terjadinya kehilangan data dan atau kerugiaan material/non-material pada hosting Anda. Kenapa penting? Ibarat pepatah "Sedia payung sebelum hujan" merupakan pepatah yang tepat untuk materi kali ini, yang mana sebaiknya kita memback-up data pada hosting sebelum terjadinya kasus/masalah yang menimpa pada hosting Anda.

Berikut ini adalah tutorial cara backup hosting cpanel dengan langkah-langkah mudah.

Langkah-langkah backup hosting cPanel
- Login ke cPanel > klik Backups

Pilih opsi backup sesuai kebutuhan
1. Full backup
Cara backup hosting cPanel opsi ini akan membackup seluruh arsip, file, dan configurasi yang ada pada account hosting. Dengan opsi ini, backup account hosting dapat di restore ke hosting yang menggunakan cPanel (hubungi customers support untuk restore account hosting fullbackup).

Langkah-langkah Full backup
a. Klik "Download or Generate a Full Website Backup"
b. Generate a Full Backup > Backup Destination > pilih "Home Directory"
c. Ketik alamat email kemana pemberitahuan backup dikirimkan pada kolom "Email Address:"
d. Klik Generate Backup
e. Cek email beberapa menit kemudian, jika backup sudah selesai, Anda akan mendapatkan email pemberitahuan.
f. Masuk ke cPanel > File Manager > masuk ke directory /home/username/
g. Download file backup ke komputer, contoh file backup "backup-02.01.2014_15-59-00_username.tar.gz"

2. Partial Backups
Backup ini akan membackup seluruh arsip dan file yang ada dalam folder /home/username/public_html/, Cara backup hosting cPanel opsi ini akan membackup account hosting cpanel dan men-download-nya ke komputer setelah backup selesai. Namun backup opsi ini tidak membackup database pada hosting, untuk itu harus download backup lagi database-nya.

Langkah-langkah partial backup
a. Klik jenis data yang ingin di backup, misal: Home Directory, Databases, dan Email.
b. Tunggu hingga proses backup selesai dilakukan oleh server, jika sudah selesai otomatis komputer akan mendownload data backup tersebut (lama proses pembuatan backup dan download tergantung pada besarnya data website).

Dari 2 jenis Backup diatas, kami sangat merekomendasikan client untuk melakukan langkah Full Backup, karena dengan opsi ini, semua data website, email, database, dan configurasi hosting yang ada didalamnya akan juga ikut terbackup.

Provider sewa hosting yang mempunyai fasilitas backup yang mudah adalah MasterWebNet, disamping memiliki jasa hosting yang berkualitas dan juga memiliki fasilitas yang mudah dalam mem-backup database pada hosting Anda.

Lihat review yang telah Saya buat mengenai kualitas dan fasilitas dari MasterWebNet >> Klik Disini <<



* * *
Hello Guys
Sedang mencari hosting? Check di >> Hosting Terbaik Indonesia
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...